Services Utama

Government and Public Relation. Komunitas bisnis biasanya membutuhkan dukungan kuat, konsultasi langsung dan pemahaman bersama dengan eksekutif pemerintahan dan pembuat kebijakan yang berhubungan dengan kebijakan bisnis maupun proyek yang melibatkan atau berdampak pada investasi dan sektor-sektor bisnis tertentu maupun publik luas. Aviyasa Consulting memberikan jasa konsultasi dan analisa tentang kondisi obyektif, mengungkapkan kelemahan dan resiko, serta merancang dan membantu konferensi dengan pihak eksekutif atau personil yang bertanggung jawab dalam suatu kebijakan atau proyek.

Personil kunci kami berpengalaman melakukan survey kualitatif dan kuantitatif untuk menyediakan masukan dan rekomendasi berdasarkan assessment terhadap prioritas strategi dan program kunci taktis. Monitoring dan evaluasi penting dilakukan pada program yang sudah selesai maupun yang sedang berjalan.

Dalam hal strategi dan implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) personil Aviyasa Consulting telah berpengalaman melakukan feasibility study dan survey berdasarkan exposure dan interaksi langsung dengan kelompok masyarakat penerima manfaat program CSR. Desain program dan manajemen yang tepat dapat memenuhi kebutuhan masyarakat target yang dapat menjamin tercapainya tujuan dan misi sosial perusahaan, sembari menjaga kontinuitas program CSR itu sendiri bagi kepentingan investasi sosial perusahaan maupun support bisnis korporat jangka panjang.

Business Research dan Intelligence. Aktivitas kompetitor, investasi, akuisisi, merger dan kerjasama bisnis bisa menyimpang dari yang diharapkan dan menghasilkan kerugian bagi perusahaan jika tidak akurat mengetahui apa yang sedang berlangsung di pasar. Aviyasa Consulting membantu perusahaan dengan melakukan investigasi yang terkait dengan kepentingan mereka sehingga mampu dan efektif mengkonfirmasi, meng-counter serta menjadi peka dan responsif terhadap issue atau perkembangan yang sedang terjadi di pasar yang mempengaruhi bisnis mereka. Riset bisnis yang kompeten sesuai kebutuhan client maupun top level research dengan pengetahuan yang luas dan kritikal terhadap struktur sosial, tatanan masyarakat, ekonomi, bisnis, budaya dan adat-istiadat dapat membantu setiap client memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuannya.

Due Diligence. Aviyasa Consulting melakukan kerja due diligence bagi client yang berencana melakukan investasi, strategic partnerships, merger, rekruitmen managemen maupun penugasan kerja. Ketika semua langkah strategis tersebut sedang dipertimbangkan maka sangatlah penting untuk mendapatkan keyakinan dan kepastian bahwa setiap pihak bebas dari latar belakang yang bertentangan atau tidak menyenangkan yang bisa berdampak negatif pada business viability atau kelayakan proyek.

Dengan perspektif, assessment dan advis yang terarah, confidential dan tidak bias Aviyasa Consulting membantu client dengan laporan due diligence dan analisis informasi yang akan menjadi bagian penting dan integral dalam proses negosiasi dan pengambilan keputusan.

Fraud Investigation. Fraud biasanya dilakukan karena pelakunya berpikir tidak masalah mencuri dari perusahaan besar karena kemampuan dan pendapatan finansial perusahaan yang besar dapat menutup kerugian. Di sisi lain, di antara para staff dan karyawan ada yang tahu bahwa sedang terjadi fraud namun tidak leluasa, tidak berani atau gagal melaporkannya. Jika kalangan top management tidak well informed dan tidak melakukan due diligence yang diperlukan untuk mencegah dan menghentikan fraud, maka secara tentatif atau permanen ia membahayakan kesehatan dan kekayaan bisnisnya..

Personil kunci Aviyasa Consulting berpengalaman membantu client dalam penghentian dan pencegahan berbagai jenis fraud. Lebih dari 13 tahun mereka telah melakukan investigasi fraud yang terjadi di perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional. Mereka juga terus memelihara hubungan dengan aparat penegak hukum dan firma hukum untuk melanjutkan hasil investigasi fraud ke proses hukum dan penuntutan, juga pengumpulan bukti dan dukungan litigasi perdata maupun pidana.

Skip Tracing, Asset Tracing, Process Serving, Litigation and Judgment Execution. Personil kunci Aviyasa Consulting telah bertahun-tahun berpengalaman mencari dan mendapatkan keberadaan asset maupun personil yang lari dan menghilang dari perusahaan.

Aviyasa Consulting juga menyediakan service legal documentation melalui para personil lapangan yang berpengalaman yang menjamin penyampaian dokumen hukum pengadilan secara cepat dan efisien kepada pihak yang dituju. Mereka melengkapi affidavit secara tepat dan layak hukum bagi para client untuk pelaksaan proses hukum. Laporan proses pelaksanaan juga disertakan secara detail.

IPR - Intellectual Property Rights. Reputasi merek (brand reputation) merupakan asset perusahaan yang harus dilindungi. Pemalsuan atau pembajakan tentu sangat merugikan perusahaan pemilik merek. Oleh karena itu sesungguhnya perlindungan merek lebih sekedar operasi legal yang implementasinya efektif ketika muncul persoalan. Aviyasa Consulting menjalankan fungsi proaktif dengan melakukam observasi, investigasi, surveillance (pengintaian) dan intelligence dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang.

Sejalan dengan meningkatnya pemalsuan global terhadap produk manufaktur di seluruh dunia Aviyasa Consulting siap bekerja bersama client untuk mengidentifikasi tersangka, background target, pembelian sampel atau barang bukti, surveillance, operasi undercover, liaison pabean, raids (razia dan penggerebekan), maupun analisis, survey pasar dan pemetaan jaringan distribusi. Personil kunci Aviyasa Consulting telah bekerja bertahun-tahun bersama perusahaan-perusahaan manufaktur global untuk membantu kepentingan hak cipta mereka di Indonesia.

Risk Assessment. Kesulitan mengetahui dan menilai credit risk merupakan halangan utama investasi, ekspansi, perluasan ekspor, pembelian import maupun kerjasama atau kemitraan bisnis. Hal ini menimbulkan keengganan untuk masuk ke wilayah pasar yang baru, menerima kemitraan baru, client baru atau menggarap peluang investasi yang terbuka.

Aviyasa Consulting akan membantu client mengukur dan menilai resiko secara lebih akurat. Pengungkapan kondisi real dari calon mitra akan sangat menentukan bagaimana pengambilan dan pelaksanaan keputusan bisnis dan investasi perusahaan.

Risk assessment yang telah dilakukan oleh para personil kunci Adviyasa Consulting telah banyak membantu perusahaan bersikap prudent. Mereka bisa terhindar dari keputusan bisnis yang keliru ketika calon mitra, provider, supplier, juga informasi dan assessment dari pihak lain dibuktikan tidak bonafide, tidak valid dan tidak bisa dipercaya.